Gaul Butuh Pengorbanan

ASSALAMU’ALAIKUM.....!!!!!!!!!!!

Halo semua! Apa kabarnya nih? 

Berapa taun ye gue nggak ngeposting? Mueheheh setelah try out empat hari yang bikin pala gue mau meledak, akhirnya gue bisa nyantai lagi meski nggak sesantai kelas delapan dulu karena try out kedua udah di depan mata. Oh iye, btw, gue sama sekali nggak bersahabat dengan soal-soal try outnya. Bukan karena gue nggak belajar tapi karena emang gue nggak kenalan sama soal-soalnya, makanya nggak bersahabat. *ngomong apa*

Kali ini gue mau share tentang pengorbanan gue jadi anak gaul. Semua hal yang diinginin pasti pake pengorbanan. Tak terkecuali jadi anak gaul. Soo.. ayoo di klik Read More-nyaaaa...!!

 Kemarin hari Jum’at 10 Februari 2012 gue dan temen gue: Annisa Ayu Putri (tuh gue cantumin nama lu. puas lu? .-.) nekat ke Gramedia Matraman cuma berdua. Iya. Cuma berdua. Enggak. Gue nggak lesbi. 

Ngapain?

Jadi ceritanya kemarin itu gue ngajakin temen-temen gue buat ikutan acara Booksigning-nya Raditya Dika. Dari enem orang yang gue ajakin buat nemenin gue hanya satu orang yang bersedia nemenin gue. yang lain? entah. Mereka melewatkan kesempatan emas.


Dan satu-satunya orang yang bersedia nemenin gue buat jalan ke Matraman ya itu. Si Annisa itu. Gue biasa manggil dia klepto. Kenapa? Karena dia demen banget ngembatin pulpen gue. Dan ketika gue mulai teriak, ‘PULPEN GUE MANA NYET?!’ dia langsung ngembaliin tanpa rasa dosa sedikit pun. Jadi kalo pulpen lu lu pada ilang secara misterius, ya salahkan saja dia. Sekian. *okeh ini nggak penting*

Sebenarnya keinginan gue untuk dateng ke Booksigning MSS ini sebagai suatu bentuk protes dan obsesi gue. Protesnya, karena Booksigning MSS di Gramedia Bekasi tanggal 21 Januari 2012 yang pastinya deket sama rumah gue tiba-tiba di batalkan. Entah kenapa. Padahal gue udah make jins pensil yang didobel sama rok seragam gue selama 5 jam. Iya, waktu itu gue PM (Pendalaman Materi) dulu. Selesai PM, gue langsung cabut ke Gramedia Bekasi. Nemu info kalo Booksigningnya dibatalin karena gue ngecek blog-nya Radith lagi. Untung gue masih di depan sekolah. Dan.. ya udah karena gue udah terlanjur pamer ke Abang gue dan nggak mungkin gue pulang dengan buku MSS yang masih kosong tanpa tanda tangan Radith, gue dan temen gue : Mayang, jalan-jalan di Gramedia Bekasi.
Obsesinya? Ya lu udah tau sendiri lah..

Dan kemarin, tepatnya jam setengah tiga gue berangkat dari rumah. Berangkatnya ini nggak gampang. Mesti melewati sanak sodara gue yang lagi ngumpul di rumah gue. Dari kamar gue, gue mesti salim dan minta izin sama sepupu-sepupu gue yang lagi pada ngobrol ngalur ngidul. Ketika keluar kamar, gue juga harus salim dan minta izin sama para Bude gue yang lagi makan. Keluar lagi tepatnya di ruang tivi, gue mesti salim dan minta izin serta berbasa-basi dulu dengan sodara gue- entah gue nggak tau apa jabatannya-yang lagi pada duduk di sofa sambil ngobrol-ngobrol. Dan gue mesti salamin satu per satu. Dan entah kenapa saat itu gue merasa seperti sedang lebaran. Yang kurang Cuma ketupatnya.

Gue janjian sama Annisa di Halte Busway Perumnas Kelender. Setibanya gue di sana, batang idungnya Annisa belum keliatan juga. Padahal gue udah nungguin dia dari setengah jam yang lalu. Meskipun gue masih ditungguin sama sepupu gue yang mirip abang gue, Mas Bayu, tetep aja gue nggak pernah berhenti dzikir kalo ada orang asing atau preman-preman di situ yang berjalan ngelewatin gue.

Jam 15.00 gue udah lega karena akhirnya gue dan Annisa udah duduk manis di dalam busway. Di dalam busway, gue ngobrol-ngobrol sama Annisa. Dan ya, gue kayaknya nggak mau lagi jalan berdua sama dia. 

Gue : ‘Eh, kita naek busway turun di mane?’
Annisa : ‘Kampung Melayu. Trus TRANSLIT.’
Gue : ‘Ha? Apa? Tran apahh?'
Annisa : ‘Translit. Kita turun nanti naek lagi yang ke arah Matraman.’
Gue : ‘ITU TRANSIT BEGO!’
Annisa : ‘Oh iya. Ih jangan keras-keras gue malu.’

Sesampainya di Halte Tegalan, gue dan Annisa langsung menuju ke Gramedia Matraman yang teronggok di depan halte tersebut. Saat itu udah jam 15.33, gue masih kesel setengah idup sama Anissa yang menurut gue dia udah buang-buang waktu. Ketika di dalam Gramedia tepatnya di lantai 2, antrian sudah sangat panjang sekali...

antrian book signing MSS

padat merayap

ramenye naujubileh


Kita ngantri udah kayak antrian sembako. Untung aja ini orang-orangnya  kalem-kalem, nurut-nurut. Disuruh duduk, pada duduk. Di suruh berdiri, pada berdiri. Di suruh nunjukin buku Manusia Setengah Salmon, pada nunjukin. Di suruh telanjang pada telanjang. Kalo nggak, gue nggak yakin bisa pulang dalam keadaan hidup..

Kita emang diarahin sama mas-mas yang bawa-bawa pengeras suara untuk kapan kita maju, mundur, hadap kanan, hadap kiri, lencang kanan, dan sebagainya. Sampe tu mas-masnya bilang,

‘BAGI YANG MENGANTRI UNTUK BOOKSIGNING-NYA RADITYA DIKA, MANUSIA SETENGAH SALMON HARAP MENUNJUKKAN BUKU MANUSIA SETENGAH SALMON DAN STRUK PEMBELIANNYA!’

Gue shock. Annisa shock. Kakak berjilbab di depan gue juga shock. Kakak berbaju merah dan berbehel hijau di belakang gue cengengesan. Ternyata, kita harus menunjukkan struk pembelian buku MSS. Padahal, gue belinya udah dari lima ratus tahun yang lalu. Dan struknya, gue buang..
Kakak berbaju merah dan berbehel hijau di belakang gue bilang,

‘Tadi emang di suruh nunjukin struknya waktu aku nanya sama satpamnya, makanya aku beli lagi.”

Gue makin shock. Secara ga sengaja gue sempet ngebayangin berapa jumlah duit yang ada di dompet gue. Ga cukup. Gimanaaa iniii...??!!!!!!!

Tiba-tiba si mas-mas yang bawa-bawa pengeras suara bilang,

‘BAGI YANG MEMBELI BUKU MANUSIA SETENGAH SALMON DI GRAMEDIA MATRAMAN HARAP MENUNJUKKAN BUKTI PEMBELIAN ATAU STRUKNYA. BAGI YANG MEMBELI BUKU MANUSIA SETENGAH SALMON DI TOKO BUKU LAIN HARAP MENUNJUKKAN BUKUNYA. TERIMA KASIH.’

Gue lega. Annisa lega. Kakak berjilbab di depan gue juga lega. Kakak berbaju merah berbehel hijau nggak tau deh lega apa enggak.

Tepat jam 16.00, antrian yang nggak bergerak sama sekali ini akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda kehidupannya. Sekitar 5 menit sekali, antriannya maju perlahan-lahan. Abege-abege labil di depan sana sudah sangat ribut sekali ketika melihat Raditya Dika, si Kambing Jantan itu akhirnya muncul dari habitatnya. 

Setelah sekian lama ngantri, dan akhirnya udah nyampe di barisan paling depan, ternyata kita harus masuk ke sebuah ruangan yang kata Annisa, ‘Itu tempat yang suka di pake buat lomba gambar’. Dan kita harus....ngantri lagi.....

Selama mengantri, gue mendengar suara cowok. Entah cowok apa cewek yang selalu bilang ‘selanjutnya’. Karena gue masih jauh dari panggung, gue sempat berasumsi bahwa yang bilang ‘selanjutnya’ itu adalah Raditya Dika. 

Gue : ‘Eh, itu suaranya Radith?’
Annisa : ‘Mana?’
Gue : ‘Itu yang bilang ‘selanjutnya’, cempreng banget ya,’
Annisa : ‘Iya ih. Kan dia pernah bilang kalo suara dia itu cempreng banget sampe pernah di bilang ibu-ibu sama embak-embak pizza.’

Gue nggangguk-nggangguk. Suaranya Raditya Dika nggak seperti yang gue denger ketika gue nonton Stand Up-nya. Yang ini lebih cempreng. Parah. Banget.

Tiba-tiba ada suara lain lagi yang nggak asing di telinga gue. dan ternyata, pendapat gue tentang suara cempreng itu suaranya Radith salah. Yang ini yang bener. Emang agak cempreng sih. Tapi parahan suara si mas-mas yang ngomong ‘selanjutnya’ tadi. Radith bilang,

‘Okeh, hari ini gue punya dua kaos Manusia Setengah Salmon...’

Belum sempet Radith meyelesaikan kata-katanya abege-abege labil di depan gue mulai rusuh.

‘ABANG MAU ABANG..!!’

‘IHH GUE DONG GUE BANGG..!!’ 

‘ABANG MINTA ONGKOS DONGG..!!’ *eh

Radith menenangkan.

‘Mohon diam sebentar. Diam ya..’

Abege-abege labil masih rusuh.

‘HUUUU..!!!’

‘WAAA..!! MAU..!!’

‘BUAT GUE DONG BUAT GUE..!!’ 

Sekali lagi Radith masih berusaha menenangkan.

‘Tolong diam yaa, diam, diam....’

‘WAAAAAA...!!!!!!!’

‘DIAM..!!’ 

Radith mulai kehabisan kesabaran. 

Semuanya diam.

‘Jadi nanti kaos Manusia Setengah Salmon ini bakal gue bagi ke.. gimana ya.. secara acak aja ya. Oke nanti gue bakal kasih kaos Manusia Setengah Salmon secara acak aja.’

‘Yah anjir Cuma dua lagi.’ Kata Annisa.
‘Ho’oh ih. Ga bakal dapet.’ Kata gue. udah putus asa duluan. 

Kaos pertama di kasih ke adek ter-unyu yang gendut gendut dan satu lagi di kasih ke adek yang masih pake baju pramuka.

‘Kamu sendirian?’ tanya Radith ke adek berbaju pramuka.

Si adek ngangguk.

‘Papa kamu mana?’

Si adek menggeleng. 

Akhirnya kaos kedua di kasih ke si adek berbaju pramuka. 

Suasana mulai memanas lagi. Apa lagi abege-abege di depan gue mulai rusuh ketika Radith masih menyimpan satu kaos lagi. 

Karena gue masih jauh dari panggung, gue sempet jinjit-jinjit buat ngeliat tampang si penulis MSS itu secara nyata. Karena gue nggak mau kegiatan gue ber-jinjit-jinjit-ria ini kelewatan sampe nari balet, gue akhirnya menunggu sampe gue bener-bener ngeliat tu muka Radith.

ayo cari bang Radith!!
‘Mana si Radith? Nggak keliatan..’ keluh gue.
‘Onoh noh yang lagi duduk.’ kata Annisa.
‘Nggak keliatan. Ketutupan.’
‘Namanya juga orang kontet.’ Kata Annisa seenak jidat. (bukan gue yang ngomong loooo)

Semakin lama, antrian ini semakin ke depan, semakin dikit juga orang-orang yang ada di depan gue. dan semakin lama, antrian ke belakang semakin banyak.

‘Nanti lu minta titipin salam Nis buat Edgar.’ Kata gue di sela-sela keletihan gue berdiri.
‘Yoi. Edgar Nasution.’ Kata Annisa sambil menepuk dada sebelah kirinya.
‘Nanti gue minta titipin salam buat nyokapnya..’ kata gue.
‘Buat Edgar juga boleh..’
‘Sugiman deh, sopirnya dia.’
‘Alfa kucingnya..’
‘Buat sekeluarga deh.’ Ujar gue akhirnya. 

Ketika gue sudah berada di barisan paling depan, gue gugup. Si Annisa yang ada di belakang gue udah ngencing di celana. *eh engga ding*

Gue lalu berjalan menuju meja Radith. Mengucapkan ‘sore kak..’ lalu ngasih buku MSS yang gue beli sendiri. Kemudian berfoto, setelah itu, gue bilang ‘terima kasih’ kemudian salaman dan... Udah. Selesai. 

Salam yang gue mau gue ucapin langsung ilang begitu aja. Gue ceming boo.. gue ceming.. gue nggak bisa ngomong selain ‘sore kak’ dan ‘terima kasih kak’. Anjirr.... padahal untuk bisa ketemu lagi sama dia itu hal yang sangat langka. Gue agak nyesel juga. gue juga nggak dapet kaosnya. Annisa juga. begitu turun dari panggung, gue langsung di suruh keluar. 

Ketika Annisa keluar, dia langsung heboh sendiri.

‘WUUU... RADIT BOO RADIT..!!’

Dan ini dia hasil fotonya:

gue sama kakak ter-unyuunyuajaib
jangan salah ya, annisa yang make baju ungu, bukan baju item..


Yang motret nggak profesional.. -_____- foto gue buremmm..

Setelah itu. kita bingung mau ngapain. Mau langsung pulang, apa makan dulu. Setelah lama berembuk sambil berjalan keluar, akhirnya kita memutuskan untuk makan di Sevel.

Suasana saat itu dingin. karena satu per satu tetesan air hujan dengan brutalnya mendarat di permukaan bumi. Bunyinya yang gemericik nan menggelitik, ditambah dengan suara sekumpulan anak-anak kecil yang membawa payung untuk di sewakan, semakin membuat hari itu terasa tak ingin cepat berlalu. 

‘Ah.. ujan.’ Kata Annisa.
‘Ke Sevel kan? Ayo. Gue bawa payung. Tapi kecil.’ Ujar gue sambil meraba-raba tas punggung yang gue pinjem ke tetangga gue.
‘Makan di Es Teller aja. tinggal ke bawah..’ pinta Annisa.
‘Sevel ajaaaaaaa...’ rayu gue. usaha gue untuk jadi anak gaul masih tinggi.

Gue lalu membuka payung yang kalo diliat dari luar, seperti botol minum. Ketika gue buka, seperti botol minum juga. gue salah ngambil barang..

Gue lalu membuka payung bergambar Doraemon yang lebih cocok dipake sama anak teka mau lulus-lulusan. Bukan anak esempe yang kebelet gaul kaya gue. Di tengah-tengah kesibukan gue dengan payung gue, si Annisa berkata,

‘Gila. Kita jalan berdua. Di bawah payung Doraemon. Di guyur hujan. Ihhh romantis...’ 

Gue pengen muntah. 

Sesampainya di Sevel, gue dan Annisa langsung kalap sama Slurpee. Semuanya di campur. Dari ujung ke ujung. Selesai sama Slurpee, gue dan Annisa memesan dua Chicken Katsu. Selesai membayar, kita makan di lantai atas. 

Lagi-lagi dia bilang,

‘Gila. Kita duduk berdua. Makan berdua. Di luar hujan. Romantis.’ Annisa senyum-senyum.

Gue pengen muntah.

Ada hening yang panjang sampai akhirnya Annisa heboh sendiri.

‘WAAA RADITH BOO RADITHHH..!!!’ Annisa mengentakkan kakinya.
‘Napa lu?’ gue udah bersiap-siap melafalkan ayat Kursi.
‘Nggak nyangka ya, bisa ketemu Radith..’ katanya. Mukanya mesem-mesem. Entah kesenengan apa dia abis makan jeruk purut.
‘Iya..’ gue ngangguk-ngangguk sambil mencocol chicken katsu gue ke chili sauce.
‘Terima kasih Dita! Karena lu, gue bisa ketemu Radith! Bodo amat sodara gue ketemu poconggg, yang penting gue ketemu Radith!’ ucap Annisa dengan lantang.

Gue menepuk dada sebelah kiri gue. Lalu kembali meyeruput Slurpee gue. Rasanya yang udah kecampur-campur bikin gue merinding sendiri.

‘Enak ya jadi Radith. Jadi penulis..’ kata Annisa lagi. Mulai lagi dia.
‘Emang kenapa?’ tanya gue pura-pura lugu.
‘Enak lah bego. Tanda tangannya banyak yang pengen. Nggak Cuma satu, banyak. Ratusan.’
‘Iya ya’ gue iyain aja. biar cepet.
‘Lha gue kan boro-boro Dit, tanda tangan Cuma di kertas LJK sama di absensi PM.’
‘Hahahahhhh.. iye bener bener bener.’
‘Gue tanda tangan di bukunya Reyza. Itupun di belakang bukunya dia. setelah itu, bukannya kesenangan malah ngamuk-ngamuk suruh apus.’ Kata gue. annisa manggut-manggut.

Setengah jam... satu jam kita berada di sana. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang karena takut kemalaman. Sebelumnya, ngumpulin duit buat bayar tiket Busway dulu. Gue di suruh nombokin serebu. Iya sih, gue yang maksa Annisa nemenin gue dengan embel-embel ‘gue tombokin deh serebu dua rebu’. Setelah berusaha merogoh kantong dalam-dalam, hasilnya malah kayak kenek metro kebanjiran job. Recehan semua.

recehan di tengah tengah slurpee

Dan ketika mau keluar Sevel, duit recehan itu jatuh dengan senang hatinya. Di depan sekumpulan anak-anak SMA gaol, di tengah-tengah keramaian Sevel, di depan cogan yang sempat terhenti langkahnya karena gue yang berusaha buat ngumpulin recehan tersebut. 

Kampretnya, si Annisa langsung pergi keluar tanpa nungguin gue. Pura-pura amnesia dan nggak inget punya temen kayak gue. Teman yang durhaka.  

Dan sore itu, gue dan Annisa pulang dengan senang hati. Meskipun harus adu ketek di busway, dimarahin ibu-ibu busway, dan sempet ngerasa salah naik busway, semuanya terbalas karena sebuah tanda tangan sang idola sudah di tangan. Di langit yang orange, dengan sebirat pelangi indah yang menambah indahnya sore itu, kaki gue minta dipijit karena keseringan berdiri.
 
*modem ga bersahabat, fotonya nanti gue apdet lagi ya*

sumber gambar:
http://www.goodreads.com/book/show/13290213-manusia-setengah-salmon

Comments

  1. waaaah seneng banget ya pastinya ketemu bang dikaaa<3
    boleh cek blog gue juga nih, annama.co.cc beberapa minggu lalu gue abis diajarin stand up sm sang idola raditya dika:"D

    ReplyDelete
  2. asiknyaa....:D
    syg tuh potonya burem hehehhe...

    ReplyDelete
  3. koq ceritanya lucu sih ta,, wkwk .
    coba waktu itu gua ikut yakk,, tapi gua gak bakal bisa masuk karna engga punya bukunya radith,, masa disono gua mau jadi orang bego yang menunggu teman2nya . hahaha .
    kapan ya gua bisa kaya lo,, foto sama idola yang lo suka .. haaaaaa dita gua mau sama suju ! #ngarep -__- .

    ReplyDelete
  4. Wah enaknya bisa ketemu abang Radit
    Aku juga pengen ketemu :)

    ReplyDelete
  5. huahahaha,aduh perjuangan banget demi tandatangan bang dika :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya nih kak, demi kakak ter-unyu-unyu-ajaib :D

      Delete
  6. iriiiiiiiiiii lah ,bang radith uuuu -____-

    ReplyDelete
  7. gilaaa!!
    panjang bener antriannya =___="
    belum pernah gue liat antrian buku sepanjang itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu baru yang di foto, kalo liat sendiri, merinding deh, aku aja sampe merindinggg..

      Delete
  8. Beuh.. ini sama banget sama gue.. Bedanya gue gak jadi ke matraman -___- Gara2 di MM Bekasi gak jadi, tadinya mau dateng ke matraman karena males gak ada temen sebenarnya, gak jadi deh.. Ternyata biar banyak gitu tapi satu2 bisa foto bareng gitu ah enak, tapi gue juga udah pernah sih kemarin pas piknik bareng muehehe tapi gak bisa foto bareng huhu tapi seru sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ;waaahh coba tau ya kakak mau ke matraman, kan bisa bareng.. :p

      Delete
  9. Yang potonya buram, mana SUARAAAAAANYAAAAAA!?!?!?!?!?
    Kasihan sekali ya, udah capek-capek, tapi pasti senang banget deh dapat tanda tangan bang dika... Gue jadi iri...
    Gue senang baca ceritanya... Kocak... :)
    Titip salam buat Annisa yah... #SalahFokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!

      heheh, terima kasih.. eh, salam buat annisa? iya deh nanti aku salamin.. haha

      Delete
  10. Whuaa bisa photo sama bang radiiiiit TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa hehe tapi hasilnya buram gitu, wakakakkk

      Delete
  11. Huaaaaaa panjang sekali...

    Cieeee yang ketemu bang Radit =D

    ReplyDelete
  12. hwaaaaaa.. envy banget bisa ketemu Bang Dika..
    eh, sayang mata tuh foto sama Bnag Dika-nya burem :p

    ReplyDelete
  13. hwaaaa.. envy!!! suswanto banget bisa ketemu Bang Dika -.-
    eh, sayang lho itu fotonya buremmmmmm :p

    ReplyDelete
  14. envy jugaaa..
    ketemu bukunya aja gue ngak -__-"
    apa lagi pembuatnya ...

    hehehe :D

    ReplyDelete
  15. kak yg punya blog, aku anak smp yg baju pramuka, hehe makasi udh di masukin ke cerpen ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kancut Keblenger Nobar Indonesia Lawak Klub

Tentang Renjana

berulang kali