Tips Sesat Menghadapi Ujian Nasional

Hualloooo..!!
Ujian Nasional udeh di depan biji mate niih. Bulan depan Maret, tiga minggu berturut-turut yang bakal diisi dengan ujian praktek, ujian sekolah, dan ujian akhir semester. Lalu, bulan Aprilnya, Ujian Nasional bakal diadain dan itulah penentuan lulus/tidaknya kita belajar selama 3/6 tahun. So, karena gue adalah salah satu siswi yang bakal mengikuti ujian-ujian bejat itu, gue mau ngasih tips menghadapi Ujian Nasional.
Sooo.... AYO DI KLIK READ MORE-NYAAA..!!!!



Sebelum Ujian Nasional...
1. BELAJAR DARI JAUH-JAUH HARI



Ya inilah kunci utama suksesnya Ujian Nasional. BELAJAR. Ga bakalan sukses ujiannya kalo kita nggak belajar. Belajar memang harus dari jauh-jauh hari. Jangan sehari sebelum UN, pelajaran nggak bakalan nyangkut ke otak lo. Kalo bisa, belajarnya dari 500 tahun yang lalu Sebelum Masehi. Gue yakin, pelajaran dari kelas satu sampe kelas 3 bakalan ngelotok di otak lo. J

2. MERANGKUM

Selain belajar, kita juga harus rajin-rajin merangkum. Dengan merangkum, pelajaran jadi nggak terlalu membebani lo. Kalo ngerangkum, siapin stabilo biar lebih gampang. Yang di stabilo-in bukunya ya, jangan muka lo. Iya gue tau muka lo pada ancur. Tapi gue mohon, ini untuk UN bo. Stabiloin yang penting penting aja. Kalo lo nggak bisa ngerangkum, bakar buku pelajaran lo, ambil abunya, larutin dengan ½ gelas aer, tambahin soda dikit, trus minum. Gue yakin, lu pasti keracunan.

3. JAGA KONDISI TUBUH



Kalo Cuma belajar, tapi nggak sehat, gimana bisa ngerjain UN dengan baik? Pastinya, kesehatan tubuh juga harus di perhatikan. Jangan belajar sampai larut malam, jangan begadang, perbanyak minum air putih, rajin-rajin olah raga, makan makanan berserat. Jangan makan mie + telor. Pokoknya jangan. Nggak elit aja gitu pas UN di jidat lo malah banyak bisul...

4. BELAJAR KELOMPOK



Kalo belajar sendiri, emang agak ngebosenin. Apa lagi kalo nggak ada emak bapak atau kakak yang bisa kita tanyain ini itu. jadi, membuat suatu kelompok belajar adalah cara yang cukup efisien untuk belajar. Gue waktu itu pernah belajar kelompok. Tapi hasilnya malah kaya gini :

Satu jam pertama :

“Ehh.. rumus arus listrik apaan sih?” ß belajar fisika
“Ehh.. ajarin ini dongg..” ß kurang mengerti pelajaran
“Ajarin lagi, gue nggak ngerti..” ß anak telmi
“Peluang peluang, peluang itu begimane sih?” ß bego dalam pelajaran Peluang

Dua jam kemudian :

“Eh, si anu mana ya? Katanya mau ikutan..” ß nanyain gebetan
“Woy gue aus nih. Bagi minum dong mae.” ß belom minum tiga jam
“Jajan yuukk..” ß kelaperan
“Ih najong dah tu orang. Bisanya ngerebut cowok orang.” ß ngegosip

Tiga jam kemudian :

“Maenan omegle yuk!” (ngeluarin laptop) ß pencari bule sange
“Eh mae, gue maenan The Sims dong.” ß suka maenin orang
“Maen bola nyok.” ß akhirnya mereka main bola dengan adik yang punya rumah
“MUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHHH” ß ketawa ketiwi
“Ih anjir potonya sekseh bangattt..” ß lagi ngecek profile gebetan
“Ini pacarnya si anu?” ß lagi ngeliat TimeLine orang yang nggak di kenal
“Iya, gue yakin dia pasti dapet karma. Jablay dasarr..” ß masih bergosip
“PATRCIK JANGAN PATRICK..!!! PATRICK AAAHHH..!!!!” ß mimpi di bunuh Patrick

Satu jam kemudian :

“DADAH MAAEEE..!!!!!!!!” ß pulang dengan tugas yang baru setengah selesai


Jangan ditiru yang cemand cemanddd.. :3

----------

Sehari sebelum Ujian Nasional :

Uwouwoooo.... Kalo besok udah UN, apa yang harus di lakuin? Apa? apa? apa? #nggaknyante

1. PERSIAPKAN ALAT TULIS


UN, pasti pake LJK (Lembar Jawaban Komputer) karna itu, keberadaan pulpen di kotak pensil akan sangat di anak tirikan. Yoeh. karna itu, belilah pensil 2B. Kalo lo biasa make pensil Faber Castell ya pake Faber Castell. Kalo biasa make pensil Grebel, ya beli pensil Grebel. Tapi kalo lo yang biasa make batu arang, kayanya lu nggak bakalan bisa lulus UN deh.. *manggut manggut*

2. JANGAN BEGADANG


Semalam sebelum UN, usahain jangan begadang. Entah itu begadang karna belajar, atau karna lagi sibuk minta maaf ala Marwan ke pacar, ya pokoknya jangan begadang deh. Ingatkah engkau pada suatu pepatah?

“Begadang jangan begadang, begadang tiada artinya, begadang boleh sajaaaaa... kalau ada perlunyaaa..”

Eh, itu lagunya Haji Roma Irama dengg.. -_--- (emoticonnya begini karna kebanyakan balajar sampe larut malam).

3. BELAJAR ULANG

Semalam sebelum UN, usahain belajar lagi. Yaa meskipun lu udah belajar dari 500 tahun yang lalu sebelum Masehi, apa salahnya ulang-ulang pelajaran lagi. Kali-kali aja ada materi yang belum lu kuasai banget.

4. ISI PULSA

Pulsa. Google/Google Translet. SMS-an. Selesai.
(ngerti dong maksudnyaa apaaaaa??)


----------

HOOOAAHHH..!!!!!
Misalkan aja lu lagi di dalem kelas, dan 5 menit lagi UN akan segera dilaksanakan. Saat-saat seperti ini adalah saat-saat yang paling random banget. Rasa gugup, takut nggak bisa ngerjain soal dengan baik, dan rasa pengen beol nyampur jadi satu.

 Supaya UN lu lancar, satu-satunya yang harus lu lakuin adalah BERDOA. Baca surat Al-Fatihah bagi yang muslim. Bagi yang non muslim, berdoa sesuai keyakinan masing-masing. Tapi kalo keyakinan lo sama pohon toge layu gue nggak yakin doa lu nggak bakalan terwujud. Berdoa aja, jangan sampe solat istikharah. Lu kan mau UN. Bukan mau nikah. :p

Pak Pengawas ujian udah dateng. Kertas soal dan Lembar Jawaban Komputer udah di bagikan. Nah lho. Baru liat kertas soal aje lu udah ngencing di celana. Gimana nanti ngerjainnya?

1. JANGAN GROGI. JANGAN KAYANG!!!


Kebanyakan dari kalian kalo baru ngeliat kertas soal pasti bawaannya pengen muntah darah. Baru diliat aja, keliatan banget soalnya susah-susah banget. gimana nanti dikerjainnya? Bisa-bisa setelah UN lu masuk RSJ saking stressnya. Saran gue sih, jangan grogi, jangan kayang. Kalo lu malah kayang, nanti lu malah dikeluarin sama pengawas ujian (lagi siapa juga yang mau kayang ditengah-tengah UN? -_-) Jangan berfikiran soal-soal itu seperti musuh kita. Bersahabatlah dengan soal-soal UN. Kalo belom bersahabat, kan bisa kenalan dulu...

Elo : “Hai, nama kamu siapa?”
Kertas soal (KS) : “Gue kertas soal UN. Lo?”
Elo : “Gue Bambang.”
KS : “Dih, berasa lagi ngomong sama tukang bubur ayam..”
Elo : *hening*
KS : “Lo pasti mau ngerjain soal-soal yang ada dibadan gue. iya kan?”
Elo : “Iya. Kok lu tau?”
KS : “Tau lah bego. Kalo nggak ngapain gue ada di sini.”
Elo : “Oh iya yaa.. Eh, kayaknya, soal-soal yang ada di badan lo itu susah2 banget deh.”
KS : “Masa sih? Baru diliat aja udah bilang susah. Elo bego ya.”
Elo : *kembali hening*
KS : “Udah, kerjain aja dulu yang menurut lu gampang-gampang.”
Elo : “Susah semua nyet.”
KS : “GUE KERTAS SOAL! BUKAN MONYET NJINK..!!”
Elo : “WOYY! GUE MANUSIA YE! BUKAN ANJ**G!! JAGA TUH MULUT LOE!”
KS : “BACOTT..!!”
Elo : “GUA BAKAR LOE...!!!!”
Pengawas Ujian : “UDAH GILA YA KAMU?! KELUAR RUANGAN!!!!!!”

Yahh.. kalo begitu akhirnya sih... mending nggak usah kenalan aje kali yee..

2. ISI BIODATA YANG BENER. JANGAN CANTUMIN ZODIAC!!

Gue akui.. mengisi data-data diri di LJK memang rempong banget. apalagi kalo disuruh ngisi nama. Mending LJKnya yang simpel. Lha kalo yang segede gaban trus ada kolom buat ngisi dan item2in nama lo? Suer deh. Ngisi nama tuh bisa ngabisin waktu paling lama 15 menit. Buang-buang waktu banget. mending kalo nama lu irit. Cuma tiga huruf doang. Kalo nama lo sepanjang jembatan SURAMADU? -_- kelingking lo pasti tewas seketika. Saran gue, yang namanya kepanjangan, disingkat aja. Misalkan nama lu:

KINTAN ESCATARINA NUR TUTI UTARI TAMI

Disingkat jadi :

KENTUT

Atau nama lu :

AZIZ KONCO ELIAN TRI EKA KARTO

Disingkat jadi :

AZIZ KETEK

Ples, kalo ngisi biodata/data-data diri di LJK, juga yang bener. Inget ya, ngisi data-data diri di LJK ini hanya nama, tanggal lahir, tanggal ujian, nomor peserta, dan tanda tangan (iya, setau gue Cuma itu). Kalo tangan lu gatel mau nulis hobi, makanan favorit, minuman favorit, cita-cita, zodiac, opini/pantun buat pengawas ruangan, mendingan jangan deh. Nanti aja tukeran biodata sama pengawas ujian kalo UN-nya udah selesai..

3. KERJAKAN YANG MENURUT KAMU GAMPANG

Nggak semua soal-soal UN susah-susah. Kalo menurut lo soal UN susah-susah, berarti tandanya lu nggak belajar dung? Nah, lu baca-baca aja dulu. Kalo ada yang bisa lu jawab, ya lu kerjain dulu. Waktunya 2 jem. Manfaatkan waktunya semaksimal mungkin. Oche?

4. PASANG MUKA CHIBI


Soal-soal yang gampang udah keisi semua. Tinggal yang susah-susah banget. lu nengak nengok, temen-temen lu lagi pada asik sama soal dan contekan. Lu panggilin, pada kaga nengok. Ini semacam pengkhianatan. Di mana semua temen-temen lu lagi asik dengan contekan, dan lu, yang nggak mempersiapkan contekan, sedang berusaha untuk mencontek. Giliran temen lu nanya sama lu, dengan senang hati lu memberikannya, tetapi ketika lu nanya, temen lu malah cuek dan pura-pura amnesia punya temen kaya lu. Di saat seperti ini, yang lu bisa lakukan hanyalah PASANG MUKA CHIBI.

Lu lari ke depan ruang kelas. Nyalain salah satu lagu dari Cherry Belle, lalu menarilah..!! Taro kedua tangan lu di bawah dagu. Mudah-mudahan, dengan begitu, pengawas ujian yang brewoknya panjangnya 2 meter tergerak hatinya untuk ikut menari bersama-sama. Kemudian lu ajak semua temen-temen lu untuk ikutan nari sama-sama. Disaat-saat ruang kelas ramai dengan tarian pengawas ujian dan peserta UN lainnya, menyelinaplah. Salin semua pekerjaan temen-temen lu yang satu paket dengan lu. kalo sudah selesai, kembali menari bersama pengawas ujian dan temen-temen lu.

5. PERIKSA LAGI JAWABAN KAMU

Jika masih ada waktu luang, ada baiknya buat ngecocokin jawaban lu. kali-kali aja ada yang salah ngeitemin, ada yang kurang item, ato nama lu ada yang salah. Bukanya nulis nama lu, lu malah nulis nama si gebetan, ato nama bapak lo. Kalo bisa ni yeh, cocokin lagi sama jawaban punya temen. Kalo begini, jangan pasang muka chibi. Kali-kali aja si pengawas berubah jadi seorang haters, dan nggak suka lagi sama Cherry Belle, trus lu malah masang lagu Cherry Belle lagi, si pengawas ujian pasti bakalan ngamuk-ngamuk nggak jelas. Kalo gini, coba deh lu setel lagu Super Junior. Kali aja dia yang tadinya seorang chibi lovers, berubah jadi ELF.

----------

Muahahahahh..
Mungkin segitu aja kali ya, tips sesat menghadapi Ujian Nasional. Yang penting, buat para adek-adek kakak kakak yang akan menghadapi UN harus cemungudh..! jangan ikutin tips dari saya ini. Ini hanya buat lucu-lucuan doang. Ambil yang baiknya, dan jorokin yang buruknya. Okeh?

Bye!

sumber:

Comments

  1. ehhh keren booo,, boleh dicoba ntuhh yang pasang muka chibi .
    tapi kenapa akhir2nya ada super junior . yang ada yang joget gua doank lagi. wakakak .
    ntuhh yang kerja kelompok kok bener banget yakk. gua juga sering klo kerja kelompok malah begitu *hening* .
    hahahahhaa . tapi keren . bermanfaat cuyyyy ;)terus nulis yoo ;) gua do'a in bir jadi penulis :*

    ReplyDelete
  2. wkwk bisa aja itu singkatan nama

    Wah udah siap banget kayanya nih ujian nya dit.

    Sukses ya..
    Dulu yg gw lakuin prtama kali sblum ngerjain soal ngebayangin wajah orang tua gw. Minta restu mereka..

    Yg tenang n jgan terburu-buru ngerjain nya.. Jia yoo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. mikirnya sejam tuh kak, haha
      waaa makasih lhooo supportnyaa :))

      Delete
  3. benar semua tipsnya, nambahin,
    bertemanlah dengan banyak orang, bonus jika kamu punya teman pintar, siapa tau membantu ;D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. haha, penting banget deh. makasih atas ngakaknyaaa

      Delete
  5. tipsnya bakal gue pake tahun depan hahaha

    ReplyDelete
  6. Catet ah , sape tau taun depan bisa dipraktekin .muahaheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. boleh bolehh.. yang nggak bener jangan di tiruu yaaaa

      Delete
  7. Ngakak banget ngebacanya=))
    Awalnya niat banget belajar kelompok, tapi ujung-ujungnya foto-foto pake webcam~ Lol.

    Kalo yang masalah isi pulsa, pada jago banget. Kadang pada sepakat bawa handphone, pas ujian nemu soal yang susah langsung sms/bbm temen. Muahaha~

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas ngakaknyaaa :)
      hahah itu labil..
      nyonteknya canggihh.. :P

      Delete
  8. Gue padahal mau ngindarin pos UN ini. Eh, malah kepencet. Jadi inget UN bentar lagi kan. *ambil baygon*

    ReplyDelete
  9. hahaha.. ngakak! bener-bener sesatttt .. sukses deh ujiannya :D

    ReplyDelete
  10. Wah..wah.. Udah kayaknya strategi menghadapi ujian nasional jitu banget nih kawan. Jangan lupa siapkan contekan ya (jangan ditiru ya cemand-cemand) wkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. haha pasang muka chibi??? wew.. wkwkwkk

    ngakak abis :P

    ReplyDelete
  12. berdoa gak ada nih? doa semoga yang ngawas mules terus gitu. :))

    Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kancut Keblenger Nobar Indonesia Lawak Klub

Tentang Renjana

berulang kali