Ketika Nyokap Sakit

Ketika gue nggak punya bahan postingan yang cukup menarik buat dibahas, gue jadi keinget sama nyokap gue yang waktu itu sempet mendadak sakit. Entah sakit apa, katanya sih meriang. Padahal bokap gue selalu siap sedia buat dia. eh ternyata ini bukan sakit meriang –merindukan kasih sayang- tapi sakit meriang beneran. Ih sedihnya..
Gue salah satu korban yang kena imbas dari kejadian ini. Biasanya kerjaan rumah gue cukup nyapu ngepel, sekarang jadi nyapu ngepel nyuci gosok. Biarpun ada abang ato bokap gue yang juga ikutan ngerjain tugas rumah, tapi mereka nggak seberat gue.
Untungnya keluarga gue nggak menerapkan sistem ke-Militeran kayak keluarga Bang Raditya Dika yang dia tulis di novel Manusia Setengah Salmonnya. Bisa-bisa nasib gue sama kayak adik bungsunya Bang Dika, si Edgar, yang selalu disuruh-suruh tanpa bisa menolak.
Untungnya (lagi) selama nyokap gue sakit, gue nggak setiap hari harus nyapu ngepel nyuci gosok. Lantaran ada abang gue yang bisa gue maki-maki dengan alasan, ‘kalo lu nggak gosok baju, gue nggak bakal minjemin lu laptop gue. gue apus tuh Empire Earth-nya supaya lu nggak bisa maen game lagi.’ Anehnya, dia langsung nurut. Akhirnya tugas nge-gosok gue serahkan dengan senang hati ke abang gue. (nggak usah nanya, abang gue kalo ngegosok rapiiihhhh bangett..)

Pemandangan di rumah gue juga jadi aneh banget. yang biasanya nyokap gue yang bertarung di dapur bersama nenek gue, sekarang jadi bokap gue. Yang biasanya bokap gue yang langganan ngorok di ruang terapi (nyokap lagi bisnis terapi kasur gitu lah), sekarang malah nyokap gue yang nggak pernah absen terapi di situ buat ngilangin meriangnya. Biasanya setiap gue pulang les langsung nyalain laptop sekarang jadi nyalain keran air buat nyuci piring, nyapu, trus ngepel. Biasanya sebelum maghrib gue udah cakep-cakep banget sekarang abis maghrib gue baru keluar kamar mandi.
Dan untungnya lagi, kerjaan gini nggak bikin gue cukup kaget karena dari kecil gue udah sering bantuin nyokap beres-beres rumah. Tapi nggak sesering ini. Biasanya sih semau gue. mau gue nyapu, mau gue ngepel, mau gue nyuci piring, nyokap gue seneng-seneng aja. mau gue nggak nyapu, ngepel nyuci piring, ya beliau seneng-seneng aja. karena masih ada abang gue yang selalu kabur kalo disuruh nyokap nyapu ngepel. Mau nggak mau harus nyokap lah yang nyapu ngepel.
Tapi kalo nyokap sakit, siapa lagi yang harus ngerjain ini semua kalo bukan gue, abang gue, sama bokap gue. karena yah, keluarga gue nggak punya pembantu. Terakhir punya pembantu tuh waktu gue masih kelas 5 SD. Berhentinya juga karena ketauan nyuri handphone abang gue. nyokap ogah punya pembantu. Selagi dia bisa, kenapa enggak?
Gue sempet SMS temen-temen gue buat ngedoain nyokap gue supaya cepet sembuh. Sebenernya sih ada niat terselubung dibalik SMS yang gue kasih ke temen-temen gue. supaya gue nggak terus-terusan jadi babu setia, sedis setiap saat. Lama-lama gue kasihan juga. Selama sakit dia nggak bisa makan. Setiap makan pasti langsung muntah. Kalo makan juga sedikit. Gue jadi inget, dia pernah minta ambilin nasi sama gue. karena dia mintanya dikiiitttt banget, ya udah gue kasih aja nasi sebutir di piringnya. Trus nyokap nanya,
‘ndi ndok?’ (mana nak?)
‘ituuu...’ kata gue sambil nunjuk sebutir nasi. Nyokap gondok.
Trus pas di hari keduanya dia sakit, tiba-tiba nyokap masuk kamar gue trus langsung tiduran di kasur gue. Padahal gue lagi maen Zuma di laptop. Gue duduk di kasur. Nyokap gue langsung curhat,
‘de, mama sedih deh, papa kok tega ya ninggalin mama. Padahal kan mama lagi sakit,’
‘hah??!! Papa selingkuh?! Sama siapa?!’ teriak gue tiba-tiba.
‘bukan, amit-amit deh. Papa kan ke cikarang sama Om Maryanto,’
‘oh kirain..’ trus gue lanjutin deh maen Zuma-nya.
Lima menit kemudian, nyokap udah tidur dengan pulasnya. Gue biarin dia tidur, gue lanjutin maen Zuma. Eh tiba-tiba nyokap bangun, dia bilang,
‘eh de, mama masa mimpi,’
‘mimpi? Baru sepuluh menit mimpi udeh mimpi aja,’
‘hehe, mama mimpi keponakan mama tuh yang udah meninggal ngajak mama pergi.’
Gue tertegun. Diam. Lalu tiba-tiba nangis. Tanpa sepengetahuan nyokap pastinya. Gue jadi inget sama cerita-cerita di sinetron kalo kita mimpi dijemput sama orang deket kita yang udah meninggal, kemudian beberapa hari kemudian kitanya akan nyusul mereka. Bayangan-bayangan tentang kematian udah meggerayangi pikiran gue. tapi gue nggak boleh suudzon. Itu kan biasanya. dan belum pasti. Tapi perasaan takut masih melekat dalam diri gue.
Gimana kalo nyokap gue meninggal?
Gue tau beliau sering banget ngeluh sakit ini sakit itu. Padahal yang gue tau batu ginjalnya yang dulu dia derita udah ancur. Dan ini kan Cuma meriang? Gue mulai ngeri..
‘naujubilah mindzalik,’ kata gue, setelah beberapa saat terdiam.
‘kenapa?’ tanya nyokap gue. wah, dia nggak peka.
‘nggak papa,’
Beberapa menit kemudian adzan maghrib berkumandang. Nyokap gue langsung nyuruh gue buat solat. Gue matiin laptop gue trus gue langsung ambil air wudhu. Selesai solat, gue langsung berdoa, gue memohon dengan sangat memohon kepada Allah untuk mengangkat penyakit nyokap gue, sehatkan beliau dan keluarga gue, jangan biarkan dia pergi dulu, karna gue masih sangat butuh dia. gue belum bisa balas semua jasanya..
Besoknya, tepat di hari ulang tahun gue, 13 Desember, pagi-pagi banget gue udah nemuin nyokap lagi masak. Gue bahagia. Sangat. Karena doa gue dijawab. Nyokap gue sembuh!!
Ternyata dia bikin pizza mie kesukaan gue buat negrayain ultah gue. Gue salut, disakitnya, dia masih nyempetin turun ke dapur buat ngerayain ultah gue. *tisu mana tisuuu haahhh???*
‘mama udah sembuh?’ tanya gue saat gue lagi ngeliatin nyokap gue naburin keju diatas pizza.
‘belom. Tapi yaa udah agak enakan dikit,” jawab nyokap.
Yaa lumayan deh. Dari pada hari-hari sebelumnya. Berdiri aja susah. Alhamdulillah yah? Beberapa hari kemudian, nyokap udah sembuh total. Terlihat saat gue pulang les, dia lagi bersihin got depan rumah, sambil ngobrol-ngobrol sama Gesa, bocah tetangga depan rumah gue.
Gue langsung turun dari sepeda gue, gue cium tangannya lalu gue bilang,
‘ade sayang mama..’
Nyokap kaget. Tumben-tumbennya sikap gue manis kayak gini.

Pesan dari cerita gue, kita nggak pernah tau kapan kematian seseorang. Semua itu hanya Tuhan yang tau. Hanya dia yang memegang kekuasaannya. Kita nggak bisa nolak, ataupun mengganggu gugatnya. Karena itu kehendaknya.
Kita nggak pernah tau kan, bisa aja seseorang yang kelihatannya segar bugar umurnya nggak lama. Bisa aja seseorang yang kelihatannya penyakitan, sakit-sakittan, tapi masih diberi waktu untuk hidup oleh Tuhan.
Yang penting, jangan pernah sia-siain orang-orang yang sayang sama kalian. Terutama orang tua. Meskipun kita nantinya udah jadi orang dewasa yang kaya, punya rumah dimana-mana, gigi kalian dibehel dengan behel emas, menurut gue itu nggak bakal cukup dan nggak akan cukup buat ngebalas jasa-jasa mereka.
Yang masih punya orang tua lengkap, nyok ah. Mumpung mereka masih ada. Jangan sia-siain kesempatan bisa bersama mereka, bisa kumpul sama mereka. Yang orang tuanya nggak lengkap, gue yakin, nyokap atau bokap lu di sana pasti sayanggggg banget sama kalian. Berdoalah untuk orang tua kalian. Karena hanya itu yang mereka minta sama kita.
Postingan ini gue persembahin buat nyokap gue tercinta yang suka tukeran baju. Sebenernya mau gue posting pas hari Ibu. Sekarang nggak apa-apa kan? *telat banget*
Okeh. Udah ya, gue mau nyari orang buat meper nih..

LOVE YOU MA..


Comments

  1. hikshiks. gue mah kalo si emak sakit cuma bisa ngirim doaa.. ga bisa ngerawat.. ga bisa masakin apa2.. huhuhu <--nasib perantauan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, setiap orang tua kan hanya mengharapkan doa dari anaknya. cuma satu kalimat doa untuknya aja beliau pasti udah berterimakasih. :)

      Delete
  2. sama banget kaya gue wkt mama gue sakit.. smua pekerjaan rumah gue lakuin hahaha.. tapi assiikkk kok.. Syukur banget mama nya udh sembuh smoga sehat teus ya ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa ngerasain gimana jadi ibu rumah tangga :)
      terima kasih ya.. sama-sama.. semoga mama kakaknya juga sehat terus :))

      Delete
  3. gua nangis ta bacanya,, gua mikir gua engga berguna banget buat nyokap gue,, gue cuma bisa berantem aja sama dia .
    gua pengen banget bilang klo gua sayang sama nyokap gue,, tapi kenapa engga bisa ya? *sorry gua jadi curhat* .
    cerita lu keren,, moga bermanfaat buat yang baca (termasuk gue) :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. resa jangan nangis :)
      katakanlah sebelum terlambat sa.
      terimakasih :D

      Delete
  4. anak yang berbakti. emak gue sih kalo sakit, tetep aja kesana kemari sama benahin rumah, katanya kalo sakit jgn dirasa hihihi. btw fotonya mesraaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa ka pina komen postingan akyu :3
      haha mama kakak aktif, kalo mamaku kan ga suka ke mana2, ngendep aja di dapur, wkwk
      aih aih..makasih yaw :*

      Delete
  5. ciiee yang mamanya udah sembuh :p
    itu otaknya kerasukan sinetron ya? sampe2 mikir kalo si nyokap bakal mati xD hahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamaku sehat lagi, yeay!
      Haha, korban sinetron kak -_-

      Delete
  6. Emang sih ya suka ribet benahin rumah kalo mama sakit, tp ya ikhlas aja :D
    salam buat mama kamu . . Ehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kancut Keblenger Nobar Indonesia Lawak Klub

Tentang Renjana

Napak Tilas Reformasi - Memperingati Tragedi Mei '98