Read and Write!

Kemarin, ketika lagi di perjalanan menuju rumah gue dari sekolah, gue berpikir untuk bikin postingan tentang hal-hal menarik yang sering terjadi di metro mini atau angkot-angkot. Lalu besoknya, ketika gue sedang mencoba menulis postingan dengan konsep tersebut, gue terganggu dengan teman gue yang ngajakin tukeran cokelat di hari Valentine. Setelah ngobrol-ngobrol cantik ngegemesin bersama teman gue tersebut, entah kenapa ketika gue ingin melanjutkan tulisan gue, pikiran gue jadi kehilangan signal dan tiba-tiba disconnect begitu aja. Gue nggak tau harus gimana buat ngelanjutin tulisan gue tersebut.

Oke. Gue coba mengingat-ngingat lagi hal aneh apa yang pernah gue alamin ketika gue naik angkot atau metro mini (yoi. Jadi kaya anak metro gini gue gegara Bus Sekolah pindah jalur). Tapi bukannya dapet ide-ide segar, gue malah kepikiran untuk nulis tentang Hari Valentine. Gue malah dapet ide untuk nulis tentang kado ekstrem di Hari Valentine. Ya meskipun gue jomblo nggak ape-ape kali ye gue nge-posting tentang Hari Valentine. Lagian mana ada yang mau percaya gitu sama postingan sesat gue. Ya. Daripada gue kehilangan ide-ide tersebut yang tinggal di ujung ubun-ubun, gue langsung menuangkannya dalam selembar catatan kecil.

Yak. Setelah sekian lama ngurek-ngurek catetan kecil akhirnya gue dapet tiga paragraph untuk postingan tersebut. Namun karena saat itu gue lagi di sekolah dan kebetulan saat itu waktu istirahat tiba, gue harus menuruti pinta perut ini yang kata guru les gue rada kurusan karena abis sakit #DuniaHarusTau #PentingBanget. Gue tutup catetan kecil gue tersebut, lalu gue makan bekal gue dengan kalap. Ya iya. Semenjak SMA gue jadi sering bawa bekal gegara kelas ada di lantai tiga dan paling pojok sementara kantin ada di pojokan belakang sekolah. Kalo terus-terusan bolak-balik kelas-kantin, kesehatan betis gue nanti jadi terganggu. Gue nggak mau hal tersebut sampai terjadi. *ini apaan sih*

Gue dapet dua tulisan setengah jadi untuk postingan blog gue.

Nah tadi pagi, ketika gue mau melanjutkan tulisan gue tersebut, gue terdiam di depan laptop. Bingung harus ngapain. Internet juga sengaja belom gue aktifin padahal mau upload background blog. Akhirnya gue nonton dua film dulu yang masih anget-anget gitu karena belom gue tonton. Film habis, gue masih juga belom buka Ms. Word ataupun aktifin internet buat nge-buka blog. Akhirnya gue iseng main The Sims gue yang udah lama nggak dimainin..

Keluarga The Sims yang gue bikin bapaknya seorang jurnalis. Emaknya musisi. Anaknya masih bayi namanya Doyrin. Bapaknya ini udah punya banyak buku dan setiap hari dapet royalty sebesar $180. Enak ya. Coba gue bisa begitu. Tiba-tiba pas lagi setting kerjaan bapaknya dari work as usually jadi practice writing gue dapet wejangan begini:


 JEDDAAARR!!!!

Gue berasa ditabok bolak-balik ama belalai gajah ballerina yang make high heels 20cm. Gimana enggak. Coba bayangkan saja. Ketika elu lagi mangkir dari kebiasaan elu sehari-hari dan sedang berpaling dengan kesibukan lain, dan elu terlarut sampai akhirnya asik sendiri dengan kesibukan lain elu itu, tiba-tiba datang sebuah omelan yang bikin elu tertegun, terdiam, merenung, sampai akhirnya elu cepirit di celana. #SalahFokus #FantasiLiar #Ngaco
            
Ini sama aja kaya lagi pacaran sama laptop, padahal udah bikin janji sama handphone. Terus ketika lagi asik pacaran sama laptop, tiba-tiba si laptop nanya gini “Gimana handphone kamu? Baik?”. Iya. Contohnya pake handphone ama laptop. Ya maklum temen-temen sejati gue Cuma mereka berdua itu. #BilangAjaJomblo #JombloAkut #NggakMauNgakuKaloSendirinyaJomblo

-----skip-----

Eum.. jadi..

Kalian  sebenernya ngerti nggak sih maksud cerita panjang lebar yang gue ceritain yang akhirnya jadi ngaco itu?

Gue suka nulis. Sukak banget. Saking sukanya di kata suka sampe ditambahin huruf ‘k’ di akhir kalimat suka.

Gue suka berimajinasi. Gue peka dengan lingkungan sekitar yang gue lihat dan gue bisa dengan mudah membayangkan bakal jadi cerita apa dan yang bagaimana dengan apa yang gue lihat tadi, tadi pagi, tadi malem, tadi sore, tadi siang, dan tadi pagi.

Misalkan gini. Gue lihat Mikha Angelo di XFactor. Gue lihat tampangnya yang ngegemesin itu. Gue udah bisa bayangkan berapa banyak anak yang gue punya dari Mikha Angelo. *ditabokin anak-anak Djimbas Mikha*

Namun ketika gue sudah berhadapan dengan Ms. Word, semuanya berubah. Bukan karena Negara api yang menyerang. Bukan juga gara-gara Komodo lewat. Tapi karena gue bingung harus dimulai dari mana dan kata-kata apa yang harus gue ketik pertama kali. Ini masalah yang pikasebeleun banget!

Mungkin banyak juga kalian-kalian yang ngalamin hal yang sama kaya gue. Atau mungkin tidak? Kalian jago.

Dan sekarang gue sadar. Dari tadi gue emang tidur sih pas lagi ngetik ini postingan. Haha gue ketiduran!!! *facepalm*

*fokus heh fokus*

Setelah gue pikir-pikir lagi, ternyata akhir-akhir ini gue udah kehilangan beberapa kebiasaan gue yang dulu sering banget gue lakuin. Ya namanya juga kebiasaan.

Salah satunya baca.

Biasanya di hari libur seperti ini gue selalu nyempetin diri gue buat baca. Nggak Cuma baca novel atau cerpen-cerpen, dulu gue juga hobi blogwalking ke blog-blog orang yang tulisannya menarik. Gue juga sering baca buku pinjeman yang gue pinjam di taman bacaan dekat rumah pake kartu anggota temen gue. Lupa mulu kakak mau daftar :3 Dulu gue juga suka banget ke toko buku. Ya meskipun ke sana kebanyakannya Cuma buat numpang baca.

Tapi sekarang, semua berubah. Semua kebiasaan itu udah jarang banget gue lakuin. Kalau ke perpustakaan sekolah aja gue lebih milih numpang online dari pada nyari buku-buku buat dibaca. Sekalinya dapet buku, gue Cuma baca depan-depannya aja. Ujung-ujungnya, gue taruh lagi di rak buku.

Imbasnya ngena banget. Gue jadi bingung mau nulis apa padahal bayangan udah melayang-layang di atas kepala. Gue jadi susah nemuin diksi yang tepat padahal di otak gue ituh kata-kata udah nyangkut. Tinggal diambil pake galah panjang. Namun sayang, galahnya patah.

Ternyata membaca itu penting banget. Apalagi buat seorang blogger yang kebanyakan isi blognya adalah tulisan. Sedikit membaca, sedikit pula kata-kata yang kita temukan. Semakin sedikit kata-kata yang kita dapat, maka semakin susah pula kita dalam menulis. Semakin kita susah nulis, semakin jarang juga atau bahkan nggak ada postingan yang bisa kita bikin. Kalaupun ada, ujung-ujungnya, berhenti di tengah jalan. Ini lagi ngomongin gue banget ini T__T

Makanya, banyak-banyakin baca deh. Kalau semakin banyak bacaan yang kita baca, semakin banyak pula referensi kita dalam menulis. Ini gue lagi nasehatin diri gue sendiri ini. 

Apa? Nunggu apa lagi? Nunggu gebetan kamu nge-retweet tweet kamu? Dibaca aja enggak. Sono gih baca.

Hah. Panjang amat tulisan gue kali ini. Haha maklum deh ya baru-baru nonggol lagi nih di mari. Oh iya. Tulisan gue ini sekalian ngomelin diri gue sendiri. Kepengennya doang bisa nulis cerpen atau dongeng tapi baca aja enggak pernah. Kepengennya doang bisa jago nulis tapi baca aja enggak pernah. Kepengennya doang jadi pacar dia tapi bales mention dari dia aja mikir ampe sejam. Gimana kalo ketemu!

Beklah. Dengan ini saya akhiri postingan saya kali ini. 

Bubye!!

Comments

  1. hahaha dalem banget ya dit, hayoo ubah kebiasaan lagi. mari rajin membaca dan menulis kembali :)))

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kancut Keblenger Nobar Indonesia Lawak Klub

Tentang Renjana

berulang kali